Menyantap Kenangan, Mereguk Kesedihan

“Makan yang banyak ya mas, biar nggak gampang sakit.”



Mantan kekasihku adalah seorang perempuan yang sangat suka makan. Meskipun dia sangat peduli dengan berat badannya, tapi baginya makan terlalu enak untuk dilewatkan dengan diet. Lain halnya denganku, aku tak pernah terlalu memikirkan makanan. Makanku tidak teratur, badanku dulu tak begitu berisi, aku jadi gampang sakit. Namun, semenjak aku menjalin kasih dengannya, aku menjadi rajin dan teratur dalam urusan makan. “Aku nggak suka kalo kamu sakit-sakitan, makan yang banyak ya mas, biar kamu nggak gampang sakit” ucapnya. Kami sama-sama jatuh cinta pada nasi goreng. Hanya satu kali kesempatan untuk membuat kami jatuh cinta dengan satu makanan, dan setelah itu kami akan setia pada makanan itu. 
Pilihan kami jatuh pada nasi goreng emperan yang berada di Jalan Gondang Raya, Condong Catur, dekat rumah kontrakanku. Nasi goreng dengan campuan bakso, sosis, dan telur mata sapi di atasnya menjadi menu utama makan malam kami, hampir selama setahun kami terus menikmati makanan itu. Penjual nasi goreng itu pun telah hafal pada kami, karena saking seringnya kami makan disana. Bahkan sampai suatu ketika aku berpisah dengannya, aku masih saja menikmati Nasi Goreng kesukaan kami. “Lho, Mbaknya mana mas, kok sendirian?” tanya penjual nasi goreng. Aku hanya bisa tersenyum menjawab pertanyaannya. Aku memang telah berpisah dengannya, namun aku terus mengingat kata-katanya agar makan teratur, agar tak mudah sakit. Kini sakitku karena kehilangan dirinya, tetapi tetap, aku makan di tempat kami makan, dengan menu yang sama. Agar aku dapat sembuh, walaupun kenyataanya di tempat itu aku hanya menyantap kenangan dan mereguk kesedihan, tapi tak masalah. Malam ini aku akan makan disana lagi. 
nb: tulisan ini dibuat dalam rangka program penulisan “makanan dan kenangan” yang diadakan oleh kenyang bego. @kenyangbego , kenyangbego.wordpress.com

Leave a Reply

